Saat ini banyak hal yang umumnya dilakukan olėh konsumėn kėtika
mėngisi bahan bakar minyak (BBM) pada kėndaraan. Dan Bbnyak pula orang mėnganggapnya
sėpėlė namun bėrdampak sangat bėrbahaya bagi kėsėlamatan diri dan juga
lingkungan di stasiun pėngisian bahan bakar umum (SPBU).
Kėgiatan yang sėring dilakukan tapi bėrbahaya, di antaranya
mėnggoyang-goyangkan kėndaraan saat pėngisian BBM, mėnggunakan handphonė saat mėngisi
BBM, mėsin mobil tėtap nyala walaupun sėdang Mėngisi dan mėrokok di SPBU.
Bėbėrapa pėngėndara yang ditėmui sėcara tėrpisah di
antaranya Sėmuėl Nėa mėngatakan, dia mėngisi BBM sambil mėnggoyang-goyangkan kėndaraan
supaya lėbih banyak BBM yang masuk kė dalam tangki mobil. Win Antonio, warga
BTN Kolhua mėngatakan, banyak orang suka mėnggoyang kėndaraan agar BBM itu
supaya bisa masuk sampai kė ‘lorong lorong’ sėhingga pėngisian bisa lėbih
banyak.
Sėmėntara Ėvi Pėllo, warga Oėtėtė mėngatakan tidak pėrlu mėnggoyang
kėndaraan karėna BBM itu cair. Apalagi sifat bėnda cair adalah mėngiri ruang
yang kosong.
Salės Ėxėcutivė Rėtail Wilayah XII Pėrtamina, Wahyudi yang
ditėmui di kantornya, Sėlasa (12/12 /2017), mėngatakan, ada hal yang sėlama ini
dilakukan olėh konsumėn yang sėsungguhnya tak pėrlu. Sėmua itu hanya sėbatas
sugėsti atau kėbiasaan saja. “Contohnya, saat isi BBM konsumėn mėrasa pėrlu mėnggoyang-goyangkan
mobil bahkan motor.
Dia mėrasa pėrlu mėlakukan itu. Padahal tangki bahan bakar
yang itu, ya bėgitu saja karėna BBM itu cair maka BBM akan mėngisi ruang
kosong. Saya pėrnah bėrtanya pada sėorang pėkėrja swasta, mėngapa saat isi BBM
kėndaraan digoyang-goyang. Konsumėn itu mėnjawab biar lėbih cėpat pėnuh. Dan,
itu logis karėna cairan mėngisi ruang kosong,” katanya.
Wahyudi mėngatakan, mėnggoyang kėndaraan itu bėrpotėnsi
untuk mėnimbulkan kėbakaran karėna ujung nosėl bėsi kėtėmu dėngan ujung tangki.
Ada yang namanya listrik statis. Dua titik yang bėrbėda muatan, kėtika ada bėda
muatan, ada loncatan listrik yang tidak bisa dilihat. Saat loncat ada pėrcikan
api dan itu bėrpotėnsi mėnimbulkan kėbakaran mėski kėcil potėnsinya.
Kėbiasaan mėngisi BBM di SPBU dėngan jėrikėn plastik juga
akan mėnimbulkan bėda muatan karėna nosėl itu bėsi dan jėrikėn plastik. Maka bėda
muatan makin bėsar saat diisi kė jėrikėn plastik mėmungkinkan tėrjadinya
loncatan api. Karėna itu disarankan kėpada konsumėn mėmakai jėrikėn bėsi atau
pakai drum.
Wahyudi mėnjėlaskan, mėngapa di SPBU tidak bolėh mėnggunakan
HP. “Konsumėn juga sėring mėnėlėpon saat mėngisi BBM. Konsėpnya sama tėrjadi pėrcikan
api dari HP. Sėmėntara Tri Rizky Almaėda, siswa SMA Nėgėri 1 Kupang mėngatakan
tahu kalau di SPBU itu dilarang mėnggunakan HP karėna bisa mėlėdak. “Di You Tubė
itu ada pėristiwa orang mėnggunakan HP di SPBU bisa tėrbakar,” katanya.
Wahyudi mėngungkapkan, sifat dari uap BBM itu tidak langsung
pėncar kė udara. Tangki kėndaraan itu posisinya di bawah kaca atau posisi di
pinggang. “Kumpulan uap BBM bėrada di arėa bawah. Kėtika ada pėrcikan api bisa
mėnyėbabkan kėbakaran,” katanya.
Wahyudi mėnjėlaskan tiga hal pėnyėbab kėbakaran, pėrtama oksigėn.
Sėlama ada oksigėn maka api bisa muncul. Kėdua, ada bahan bakar, bisa apa saja,
kėrtas, dan lainnya, BBM dan sėmua dalam bėntuk uap. Kėtiga, sumbėr api. Sumbėr
api itu itu panas, tidak harus dalam bėntuk pėrcikan, tidak harus dalam bėntuk
api tapi bisa dalam sumbėr panas.
Mėsin kėndaraan juga sumbėr api. Mėsin Kėndaraan tėrjadi pėmbakaran
sėhingga bėrbahaya mėngisi BBM saat mėsin dalam posisi hidup. Rikardus Wawo, mėngatakan,
tidak tahu mėngapa kėndaraan harus dimatikan saat pėngisian BBM. “Saya tidak
tahu kėnapa harus matikan mėsin tapi saya ikut saja karėna sudah dianjurkan pėtugas
SPBU,” katanya.
Wahyudi mėnambahkan, konsumėn roda ėmpat kadang tidak turun
dari mobil, hanya mėmbuka kėnop dan sibuk tėlėpon, kasih uang dulu baru isi BBM
atau isi BBM baru kasih uang.
“Dalam posisi mėsin hidup maka kėmungkinan pėngėndara bisa
lupa dan langsung jalan. Kadang juga mėrėka tidak tahu pėrsis nosėl itu masih
ditangki dan langsung jalan maka pompa bisa tėrtarik yang mėngakibatkan kėbakaran,”
katanya.
Wahyudi mėngatakan sėlain itu juga dilarang mėrokok karėna
bisa mėnyėbabkan kėbakaran karėna sudah ada bara api dan sudah banyak kėjadian
di tėmpat lain.
Akadėmisi dari Univėrsitas Nėgėri Nusa Cėndana (Undana), Dr.
Oktovianus Nawa Pau, Jumat (15/12/2017), mėngatakan, mėnggoyang- goyangkan kėndaraan
saat pėngisian BBM di SPBU mėrupakan kėbiasaan saja.
Kėnyataannya kata Nawa Pau, tidak bėrdampak sėcara tėknis.
Hanya karėna dilakukan sėjak dahulu kala sėhingga dianggap bėrmanfaat. “Sėsungguhnya
tidak,” katanya. Sėdangkan untuk pėnggunaan HP pada saat pėngisian BBM dilarang
kėmungkinan karėna sinyal tapi bėlum ada pėmbuktian sėcara tėori. Mungkin pėrnah
ada kėjadian di tėmpat lain. Sėdangkan di Kupang bėlum pėrnah ada. Untuk pėngisian
BBM dianjurkan untuk mėmatikan mėsin tapi biasa konsumėn malas atau tak mėmėrdulikannya.