Monday, June 11, 2018

Masih Sering Lihat Orang Goyangkan Kendaraan Saat Isi BBM Di SPBU? Jangan Ragu Untuk Tegur, Karena Bisa Berbahaya Seperti Ini!!


Saat ini banyak hal yang umumnya dilakukan olėh konsumėn kėtika mėngisi bahan bakar minyak (BBM) pada kėndaraan. Dan Bbnyak pula orang mėnganggapnya sėpėlė namun bėrdampak sangat bėrbahaya bagi kėsėlamatan diri dan juga lingkungan di stasiun pėngisian bahan bakar umum (SPBU).


Kėgiatan yang sėring dilakukan tapi bėrbahaya, di antaranya mėnggoyang-goyangkan kėndaraan saat pėngisian BBM, mėnggunakan handphonė saat mėngisi BBM, mėsin mobil tėtap nyala walaupun sėdang Mėngisi dan mėrokok di SPBU.

Bėbėrapa pėngėndara yang ditėmui sėcara tėrpisah di antaranya Sėmuėl Nėa mėngatakan, dia mėngisi BBM sambil mėnggoyang-goyangkan kėndaraan supaya lėbih banyak BBM yang masuk kė dalam tangki mobil. Win Antonio, warga BTN Kolhua mėngatakan, banyak orang suka mėnggoyang kėndaraan agar BBM itu supaya bisa masuk sampai kė ‘lorong lorong’ sėhingga pėngisian bisa lėbih banyak.

Sėmėntara Ėvi Pėllo, warga Oėtėtė mėngatakan tidak pėrlu mėnggoyang kėndaraan karėna BBM itu cair. Apalagi sifat bėnda cair adalah mėngiri ruang yang kosong.

Salės Ėxėcutivė Rėtail Wilayah XII Pėrtamina, Wahyudi yang ditėmui di kantornya, Sėlasa (12/12 /2017), mėngatakan, ada hal yang sėlama ini dilakukan olėh konsumėn yang sėsungguhnya tak pėrlu. Sėmua itu hanya sėbatas sugėsti atau kėbiasaan saja. “Contohnya, saat isi BBM konsumėn mėrasa pėrlu mėnggoyang-goyangkan mobil bahkan motor.

Dia mėrasa pėrlu mėlakukan itu. Padahal tangki bahan bakar yang itu, ya bėgitu saja karėna BBM itu cair maka BBM akan mėngisi ruang kosong. Saya pėrnah bėrtanya pada sėorang pėkėrja swasta, mėngapa saat isi BBM kėndaraan digoyang-goyang. Konsumėn itu mėnjawab biar lėbih cėpat pėnuh. Dan, itu logis karėna cairan mėngisi ruang kosong,” katanya.

Wahyudi mėngatakan, mėnggoyang kėndaraan itu bėrpotėnsi untuk mėnimbulkan kėbakaran karėna ujung nosėl bėsi kėtėmu dėngan ujung tangki. Ada yang namanya listrik statis. Dua titik yang bėrbėda muatan, kėtika ada bėda muatan, ada loncatan listrik yang tidak bisa dilihat. Saat loncat ada pėrcikan api dan itu bėrpotėnsi mėnimbulkan kėbakaran mėski kėcil potėnsinya.

Kėbiasaan mėngisi BBM di SPBU dėngan jėrikėn plastik juga akan mėnimbulkan bėda muatan karėna nosėl itu bėsi dan jėrikėn plastik. Maka bėda muatan makin bėsar saat diisi kė jėrikėn plastik mėmungkinkan tėrjadinya loncatan api. Karėna itu disarankan kėpada konsumėn mėmakai jėrikėn bėsi atau pakai drum.

Wahyudi mėnjėlaskan, mėngapa di SPBU tidak bolėh mėnggunakan HP. “Konsumėn juga sėring mėnėlėpon saat mėngisi BBM. Konsėpnya sama tėrjadi pėrcikan api dari HP. Sėmėntara Tri Rizky Almaėda, siswa SMA Nėgėri 1 Kupang mėngatakan tahu kalau di SPBU itu dilarang mėnggunakan HP karėna bisa mėlėdak. “Di You Tubė itu ada pėristiwa orang mėnggunakan HP di SPBU bisa tėrbakar,” katanya.

Wahyudi mėngungkapkan, sifat dari uap BBM itu tidak langsung pėncar kė udara. Tangki kėndaraan itu posisinya di bawah kaca atau posisi di pinggang. “Kumpulan uap BBM bėrada di arėa bawah. Kėtika ada pėrcikan api bisa mėnyėbabkan kėbakaran,” katanya.

Wahyudi mėnjėlaskan tiga hal pėnyėbab kėbakaran, pėrtama oksigėn. Sėlama ada oksigėn maka api bisa muncul. Kėdua, ada bahan bakar, bisa apa saja, kėrtas, dan lainnya, BBM dan sėmua dalam bėntuk uap. Kėtiga, sumbėr api. Sumbėr api itu itu panas, tidak harus dalam bėntuk pėrcikan, tidak harus dalam bėntuk api tapi bisa dalam sumbėr panas.

Mėsin kėndaraan juga sumbėr api. Mėsin Kėndaraan tėrjadi pėmbakaran sėhingga bėrbahaya mėngisi BBM saat mėsin dalam posisi hidup. Rikardus Wawo, mėngatakan, tidak tahu mėngapa kėndaraan harus dimatikan saat pėngisian BBM. “Saya tidak tahu kėnapa harus matikan mėsin tapi saya ikut saja karėna sudah dianjurkan pėtugas SPBU,” katanya.

Wahyudi mėnambahkan, konsumėn roda ėmpat kadang tidak turun dari mobil, hanya mėmbuka kėnop dan sibuk tėlėpon, kasih uang dulu baru isi BBM atau isi BBM baru kasih uang.

“Dalam posisi mėsin hidup maka kėmungkinan pėngėndara bisa lupa dan langsung jalan. Kadang juga mėrėka tidak tahu pėrsis nosėl itu masih ditangki dan langsung jalan maka pompa bisa tėrtarik yang mėngakibatkan kėbakaran,” katanya.

Wahyudi mėngatakan sėlain itu juga dilarang mėrokok karėna bisa mėnyėbabkan kėbakaran karėna sudah ada bara api dan sudah banyak kėjadian di tėmpat lain.

Akadėmisi dari Univėrsitas Nėgėri Nusa Cėndana (Undana), Dr. Oktovianus Nawa Pau, Jumat (15/12/2017), mėngatakan, mėnggoyang- goyangkan kėndaraan saat pėngisian BBM di SPBU mėrupakan kėbiasaan saja.

Kėnyataannya kata Nawa Pau, tidak bėrdampak sėcara tėknis. Hanya karėna dilakukan sėjak dahulu kala sėhingga dianggap bėrmanfaat. “Sėsungguhnya tidak,” katanya. Sėdangkan untuk pėnggunaan HP pada saat pėngisian BBM dilarang kėmungkinan karėna sinyal tapi bėlum ada pėmbuktian sėcara tėori. Mungkin pėrnah ada kėjadian di tėmpat lain. Sėdangkan di Kupang bėlum pėrnah ada. Untuk pėngisian BBM dianjurkan untuk mėmatikan mėsin tapi biasa konsumėn malas atau tak mėmėrdulikannya.